Penyebab Datangnya Jerawat Dan Cara Pencegahannya

Jerawat (bahasa Inggris: acne) adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceous gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Daerah yang mudah terkena jerawat ialah di muka, dada, punggung dan tubuh bagian atas lengan.
Jerawat digolongkan ringan bila bentuknya masih komedo dengan jumlah lesi kurang dari 30. Apabila jumlah lesi berkisar antara 30-125 maka dinamakan jerawat sedang (papule). Jerawat besar yang disebut nodul atau kista timbul bila lesi di atas 125.
Penyebab Datangnya Jerawat Yang Tida Disadari
  1. Paparan Sinar Matahari
    Sinar matahari siang ternyata nggak hanya bisa bikin kulit kamu menghitam dan kusam, tetapi juga menjadi berjerawat. Panas yang disebabkan dari paparan sinar matahari dapat membuat kulit kamu memproduksi minyak dan keringat lebih banyak. Keringat dan minyak berlebih di wajah yang bercampur dengan debu yang menempel bisa menimbulkan jerawat apabila tidak kamu bersihkan dengan segera.
  2. Makanan Pedas
    Tidak hanya makanan berlemak dan berminyak, ternyata makanan pedas juga bisa bikin kulit kamu jerawatan, Makanan yang pedas membuat wajah kamu mengeluarkan keringat lebih banyak. Apabila keringat tidak segera dibersihkan, bisa menyebabkan kulit kamu berjerawat.
  3. Sentuhan pada Wajah dengan Tangan Langsung
    Tangan merupakan salah satu tempat berbagai macam bakteri dan kuman bersarang, Hindari kebiasaan sering menyentuh kulit wajah dengan tangan tanpa mencucinya terlebih dahulu.
  4. Perubahan Hormon
    Penyebab timbulnya jerawat di usia puber biasanya adalah perubahan hormon. Seiring dengan perubahan tubuh kamu menjadi lebih dewasa, hormon kamu juga berubah. Biasanya perubahan hormon ini timbul di saat kamu akan mengalami siklus menstruasi.
  5. Penggunaan Handphone
    Sama halnya seperti jari-jari kamu, handphone juga merupakan salah satu sarang kuman dan bakteri dari luar. Sering menelepon menggunakan handphone dapat membuat kuman dan bakteri menempel di pipi kamu dan menimbulkan jerawat. Jadi, sebaiknya kamu bersihkan layar handphone kamu setiap hari dengan menggunakan cairan beralkohol dan kapas bersih.
 Cara Mencegah Datangnya Jerawat
  1. Bersihkan racun dalam tubuh Anda
    Makanan yang tidak bersih dan polusi yang kamu hadapi setiap hari dapat menjadi racun yang memicu tumbuhnya jerawat. Lakukan detox pada tubuh Anda untuk mencegah jerawat muncul. Detox yang bisa Anda lakukan adalah dengan meminum cukup air, sehingga racun dapat keluar bersama keringat.
  2. Aktifitas fisik dan tidur yang cukup
    Stres yang kamu alami setiap hari akan membuat hormon kamu tidak seimbang sehingga menyebabkan jerawat. Aktifitas fisik dan tidur yang cukup akan membantu hormon menjadi stabil kembali.
  3. Cuci wajah Anda dengan air hangat
    Air hangat dapat mengatasi jerawat secara alami. Air hangat dapat membuka pori-pori wajah Anda, ikuti dengan menggunakan sabun wajah untuk membersihkan kulit Anda secara maksimal. Setelah bersih, basuh wajah Anda dengan air dingin, agar pori-pori mengecil kembali.
  4. Perbanyak konsumsi bawang putih
    Bawang putih sangat baik untuk mengatasi jerawat secara alami. Bawang putih dapat menghancurkan bakteri jahat pada pori-pori kulit. Selain itu, bawang putih dapat meningkatkan kekebalan tubuh, termasuk kulit, sehingga datangnya jerawat dapat dicegah.
 Itulah beberapa Paktor Yang Menyebabkan Datangnya Jerawat Dan Cara Pencegahannya Semoga artikel pembahasan kali ini bisa berguna, kritik dan saran saya harapkan mengenai blog ini jika masih ada kesalahan mohon di maklum karna kesempurnaan hanya milik-Nya.
Jika kamu mempunyai cara lain atau artikel menarik lainnya silakan di share di komentar supaya bisa saling berbagi pengetahuan.

Sekian Dan Terimakasih

0 Response to "Penyebab Datangnya Jerawat Dan Cara Pencegahannya"