Penyebab Gigi Berlubang Dan Cara Pencegahannya

Menurut Wikipedia Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan, terutama karnivora, sebagai senjata. Akar dari gigi tertutup oleh gusi. Gigi memiliki struktur pelindung yang disebut email gigi, yang membantu mencegah lubang di gigi. Pulp dalam gigi menciut dan dentin terdeposit di tempatnya.
 
Dalam kesempatan ini saya akan membahas mengenai Penyebab Gigi Berlubang Dan Cara Pencegahannya silahkan di simak dengan baik:

Penyebab Gigi Berlubang
  1. Adanya bakteri
    Bakteri merupakan penyebab gigi berlubang yang cukup serius, dimana bakteri ini dapat membuat kesehatan gigi semakin buruk. Bakteri yang terdapat dalam mulut dapat menjadi penyebab adanya pengikisan email yang dapat meretakkan gigi bahkan membuat gigi berlubang. Gula adalah zat yang sering membuat gigi cepat retak dan berlubang. Dimana bakteri yang ada dalam mulut akan mengubah sisa gula yang terdapat di mulut menjadi asam. Asam inilah yang menjadi penyebab gigi berlubang sakit.
  2. Sikat gigi yang salah
    Sikat gigi juga merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan gigi Anda. Dengan menggunakan sikat gigi yang tepat, maka gigi Anda tidak akan mudah terkikis dan tetap sehat. Sikat gigi yang benar yaitu yang memiliki bulu lembut, tidak kasar. Jika bulu sikat gigi kasar, maka dapat membuat lapisan email cepat mengikis dan membuka lapisan tengah gigi Anda terbuka. Jika sudah terbuka, akan lebih berpotensi untuk berlubang karena sangat sensitif dan mudah sakit. Selain itu, perhatikan juga kebersihan sikat gigi Anda. Ini juga merupakan penyebab gigi berlubang. Jangan digunakan terlalu lama, setidaknya dalam waktu 3 bulan Anda sudah harus menggantinya.
  3. Cara menyikat gigi yang tidak benar
    Penyebab gigi berlubang yang paling sering terjadi yaitu karena cara menyikat gigi yang tidak benar. Dalam hal ini, cara menyikat gigi yang benar yaitu dengan menyikat gigi dari atas ke bawah ataupun sebaliknya. Bukan dari kanan ke kiri ataupun sebaliknya. Selain itu, sebaiknya dilakukan selama 1 sampai 2 menit. Akan lebih baik jika menyikat gigi dilakukan didepan cermin, maka kotoran akan mudah terlihat. Anda harus memastikan bahwa bakteri penyebab gigi berlubang tidak ada lagi.
  4. Makanan terlalu manis
    Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, gula adalah zat yang dapat menjadi penyebab gigi mudah berlubang. Makanan manis umumnya menggunakan gula sebagai pemanis. Jika zat gula masih ada yang tersisa di sela-sela gigi, maka ini akan menjadi penyebab gigi Anda cepat berlubang. Kurangilah konsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis atau yang banyak mengandung gula.
Untuk pencegahannya silahkan selesaikan membaca artikelnya: 
Cara Mencegah Gigi Berlubang
  1. Kumur setelah makan. 
    Menyikat gigi tidak mungkin dilakukan sehabis kita makan, maka cara terbaik adalah berkumur-kumur agar sisa makanan tidak terus menempel dan mengurangi keadaan asam dalam gigi.
  2. Menyikat gigi dengan cara yang benar. 
    Walau menyikat gigi telah dilakukan secara teratur namun bila dilakukan dengan cara yang tidak benar, tentu hasilnya tidak akan maksimal. Cara yang benar adalah dengan menyikat ke arah bawah untuk gigi depan (gigi seri) bagian atas, menyikat gigi ke arah atas untuk gigi depan bagian bawah dan menyikat secara mendatar untuk gigi geraham. Menyikat gigi geraham hendaknya dilakukan lebih lama, karena pada gigi ini berpotensi menempelnya sisa-sisa makanan.
  3. Menyikat gigi secara teratur dan pada waktu yang tepat. 
    Pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur adalah waktu yang tepat untuk menyikat gigi. Air liur tidak banyak keluar pada waktu kita tidur, sehingga gigi akan rusak bila Anda membiarkan sisa makanan pada gigi tanpa menyikatnya. Air liur berguna untuk memlinfungi gigi dari bakteri penyebab gigi berlubang. Ini dapat dilakukan jika sudah membiasakan sejak usia dini, kalau sekarang baru mulai akan sering lupa dan malas.
  4. Kurangi makanan yang mengandung gula dan tepung. 
    Makanan jenis ini bila tertinggal di gigi dan adanya bakteri akan menyebabkan asam yang membuat gigi berlubang. Peringatan bagi yang hobby makan camilan (snack) dan makanan terbuat dari coklat harus lebih intensif menjaga kebersihan gigi.
  5. Gunakan benang gigi untuk mengeluarkan sisa makanan. 
    Sisa makanan yang tertinggal, hendaknya tidak dikeluarkan dengan menggunakan tusuk gigi. Penggunaan tusuk gigi dapat menyebabkan celah antar gigi semakin besar disamping dapat menyebabkan luka pada gusi. Pada kenyataannya kita sangat sulit melakukan hal tersebut karena tidak terbiasa dan merasa lebih mudah dan praktis jika menggunakan tusuk gigi.
 Demikian artikel mengenai Penyebab Gigi Berlubang Dan Cara Pencegahannya semoga bermanfaat dan jangan lupa tulis komentarnya maupun kritik mengenai blog saya supaya bisa lebih baik lagii.

Sekian Dan Terimakasiihh

0 Response to "Penyebab Gigi Berlubang Dan Cara Pencegahannya"