9 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Mata adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya, Mata merupakan salahsatu panca indra yang berfunsi untuk melihat. Yang dilakukan mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya adalah terang atau gelap. Mata yang lebih kompleks dipergunakan untuk memberikan pengertian visual.
Nah bagaimana jiga panca indra yang begitu penting ini jika kurang terjaga kesehatannya mungkin kejadian kejadian yang kita tida inginkan kapanpun bisa terjadi, lalu bagaimana caranya supaya mata kita terhindar dari berbagai penyakit, tentu kita harus menjaga kesehatannya, ada banyak cara untuk menjaga kesehatan mata kita dari berbagai penyakit seperti yang akan saya bahas dalam artikel kali ini.
 
  9 Cara Jaga Kesehatan Mata

Image result for wortel 
  1.  Makan Wortel
    Wortel dikenal kaya akan kandungan betakaroten yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Sebuah riset menunjukkan bahwa suplemen antioksidan yang mengandung vitamin C dan E, beta karoten, dan mineral seperti tembaga serta zat besi memperlambat pergerakan macular degeneration pada pasien dengan risiko tinggi.
    Image result for bayam


  2. Makan Bayam
    Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan kale mengandung lutein dan zeaxanthin yang bisa mengurangi resiko terjadinya katarak serta degenerasi penglihatan. Coba makan dua porsi sehari segenggam bayam yang disayur bening saat makan siang dan brokoli di saat makan malam.

    Image result for ikan salmon
  3. Makan Ikan Salmon
    Tak hanya baik untuk jantung, ikan salmon juga ternyata mampu membantu menjaga lapisan pelindung mata, mengurangi kondisi mata cepat kering, hingga mencegah katarak. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam lemak Omega-3 yang terdapat pada ikan salmon dan juga ikan lainnya seperti tuna. Coba makan dua sampai tiga porsi seminggu ya!

    Image result for kacamata hitam
  4. Memakai Kaca Mata Hitam
    Kacamata hitam bukan hanya untuk sekadar gaya, tapi lebih untuk melindungi mata dari paparan buruk sinar ultraviolet. Pasalnya, sinar ultraviolet inilah yang jadi salah satu penyebab utama yang bisa membuat lensa mata mengeras serta katarak dan macular degeneration. Artinya penting untuk mengenakan kacamata dengan lensa gelap yang bisa menyaring sinar UV sampai 100 persen (baca labelnya) saat kamu ada di luar ruangan.


    Image result for mentimun
  5. Menggunakan Mentimun
    Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.


  6. Kurangi Obat Tetes Mata
    Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.


  7. Hindari Mengunakan Lensamata Lebih dari 19 Jam
    Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.

  8. Makan Alpukat
    Alpukat adalah salah satu jenis buah yang mengandung sangat banyak nutrisi dibanding yang lainnya. Sangat baik untuk tubuh, termasuk mata. Alpukat mengandung lutein yang sangat tinggi. Lutein adalah nutrisi penting untuk mencegah katarak dan degenrasi makula.  Kandungan lain yang terdapat pada alpukat adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E.

  9. Bawang Putih
    Bawang putih mengandung selenium, vitamin C dan quercetin. Selain itu makanan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Itudia beberapa cara menjaga kesehatan mata anda, jaga kesehatan mata anda karna mata merupakan jendela dunia, ingat Sehat itu mahal Mencegah lebaih baik daripada mengobati. Sekian pembahasan artikel kali ini mudah-mudahan bisa bermanfaat dan berguna bagi kita semua,jika anda mempunyai cara lain silahkan bagikan di kolom komentar.
Tips ini juga berpengaruh besar buat seseorang yang suka bermain Game didepan Layar Monitor..-Gamers-

0 Response to "9 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami"