Hukum Nun Mati idzhar, idgham bighunnah billaghunnah, Ikhfa dan iqlab

Hukum tajwid bacaan nun mati atau sukun dan tanwin bertemu dengan 28 huruf hijaiyah itu ada yang mengatakan 4 dan 5 , kalau di dalam kitab Syifaul Jinan (Hidayatusshibyan) itu disebutkan ada 5 sedangkan di kitab tuhfatul athfal itu ada 4. Dan jika sobat ditanya seseorang atau menjawab soal ujian tes , ada berapakah hukum nun mati dan tanwin itu ? sobat bisa menjawab 4 atau 5 , itu tergantung dari kitab yang sobat pelajari , jika nanti sobat disalahkan , nanti sobat bisa menjelaskan apa alasanya tadi.

Sebenarnya hukum bacaan nun sukun dan tanwin itu antara kitab syifaul janan dan kitab tuhfatul athfal itu hampir sama, cuman letak perbedaanya ada pada bagian idghom , kalau di Syifâ'al-Jinân fî Tarjamah Hidâyah al-Shibyân karangan simbah Ahmad Muthahhar ibn Abdurrahman al-Maraqi al-Samarani pengasuh pondok futuhiyyah mranggen idgham dihitung 2 yaitu idgham bighunnah dan idghom billaghunnah jadi totalnya ada 5 , sedangkan di kitab tuhfatul athfal idgham cuman ada 1 ( tapi nanti di perinnci lagi jadi 2 ) jadi karena idghamnya cuman di sebutkan 1 totalnya ada 4.

Setelah kita mengetahui perbedaanya , langsung saja mari kita cari tahu pengertian hukum bacaan nun mati dan sukun satu persatu beserta dengan contohnya. Oh iya sebelum kita masuk ke materi , alangkah baiknya jika kita tahu skemanya , untuk itu saya berikan skema hukum nun mati atau sukun kepada sobat tercinta berikut ini :

Hukum tajwid bacaan nun mati atau sukun dan tanwin

Hukum Bacaan Nun Mati dan Tanwin Ketika Bertemu Huruf Hijaiyah

Dalam memmbaca Al-Qur'an kita tidak boleh membacanya dengan sembarangan, salah baca dikit saja, maka artinya pun juga berbeda. maka dari itu kita perlu ilmu yang namanya ilmu tajwid, salah satu ilmu tajwid adalah tentang hukum bacaan nun sukun atau nun mati serta tanwin bertemu dengan ke 28 huruf hijaiyah , yaitu sebagai berikut :

1. Pengertian dan Contoh Idzhar Halqi
Idzhar adalah Apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf halqi yakni : hamzah, kha, kho’, ‘ain, ghain , ha ( ء ه ح خ ع غ ) maka hukum bacaannya adalah idzhar halqi yang berarti harus dibaca terang dan jelas seperti contoh idzhardibawah ini :
من أمََنَ , مِنْهُ , غَفُوْرٌ حَلِيمٌ

Pengertian hukum bacaan Idzhar Halqi dan Contohnya


2. Pengertian dan Contoh Idghom bighunnah
Idgham bighunnah adalah Apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf ya’, nun, mimi, dan wawu (ي ن م و) maka hukum bacaannya disebut idghom bighunnah) (إدغام بِغُنَّة yang berarti harus dibaca dengan dimasukkan atau ditasydidkan kedalam salah satu huruf yang empat itu dengan suara mendengung. Seperti contoh dibawah ini :
مَنْ يَقُوْلُ , مِنْ نُوْرٍ , مَنْ مَنَعَ


Pengertian dan Contoh Idghom bighunnah


3. Pengertian dan Contoh Bacaan Idghom Bilaghunnah 
Idgham Billaghunnah adalah Apabila ada nun sukun dan tanwin bertemu dengan salah satu huruf lamل) ) dan ra' (ر) maka hukum bacaannya adalah idghom bila ghunnah(إدغام بلاغنًة) yang membacanya dengan cara memasukkan dengan tanpa mendengung. Seperti contoh dibawah ini :
مِنْ رَبِهِمْ , مَنْ لَمْ


Pengertian dan Contoh Bacaan Idghom Bilaghunnah


4. Pengertian Bacaan Iqlab dan Contohnya
Iqlab Apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf ba’ (ب) maka hukum bacaannya adalah iqlab (إِقلاب) yang membacanya dengan cara huruf nun atau tanwin itu dibalik atau ditukar menjadi suara mim (م). Seperti contoh iqlab berikut :
سميعٌ بَصِيْرٌ , كِرَامٍ بَرَرَةٍ


Pengertian Bacaan Iqlab dan Contohnya


5. Pengertian Ikhfa’ Haqiqi Beserta Contoh
Ikhfa' Apabila ada nunu sukun atau tanwin bertemu dengan huruf yang 15 di bawah ini maka hukum bacaannya adalah Ikhfa’ haqiqi yang cara membacanya adalah samar-samar antara idghom dan idzhar. Huruf Ikhfa’ yang 15 antara lain :
ت ث ج د ذ ز س ش ص ض ط ظ ف ق ك
Contoh Ikhfa’ :
مِنْ جُوْعٍ , مِنْكُم , أَ نْفُسَكُمْ


Pengertian Ikhfa’ Haqiqi Beserta Contoh

Nah itulah 5 Hukum Bacaan Nun mati / sukun dan tanwin jika bertemu huruf hijaiyahyang terdiri dari idhar , idgham bigunnah , idgham billagunnah , iqlab dan yang terkahir iqlab yang dapat saya bagikan kepada sobat yang sekiranya ingin memperdalam ilmu tajwid lebih dalam lagi khususnya bab nun mati dan tanwin ini. oh iya jika ada yang keliru saya mohon untuk siapa saja yang tahu , untuk membenarkanya , tapi saya rasa insya Allah ini sudah benar karena berdasakan kitab syifaul janan. 
Special image thank to http://www.edupai.web.id/2013/01/hukum-bacaan-nun-matitanwin.html

0 Response to "Hukum Nun Mati idzhar, idgham bighunnah billaghunnah, Ikhfa dan iqlab"