Penyebab Penyakit Gondok Dan Cara Pengobatinya Secara Alami

Penyakit gondok atau struma merupakan suatu pembengkakan atau munculnya benjolan yang cukup besar pada leher bagian depan atau samping (pada tenggorokan). Gondok terjadi akibat pertumbuhan kelenjar gondok yang tidak normal.
Penyakit gondok dikenal sebagi penyakit yang diakibatkan oleh kurangnya yodium dalam makanan sehari-hari. Akibat kekurangan yodium, terutama bila terjadi pada ibu hamil yang dapat berakibat pada kematian bayi atau bayi yang akan diahirkan mengalami keterlambatan mental atau tuli. Meski sang ibu tidak menderita penyakit gondok sekalipun. Gondok juga dapat terjadi akibat gangguan pada kelenjar tiroid yang tidak mampu mensekresikan hormon tiroid sesuai dengan kebutuhan tubuh.
Naahh berikut ini adalah penyebab penyakit gondok silahkan disimak:
Penyebab Terjadinya Penyakit Gondok
  1. Penyakit Graves
    Penyakit Graves merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan sistem kekebalan tubuh dimana antibodi yang diproduksi oleh tubuh menyerang kelenjar tiroid sehingga menyebabkan kelebihan produksi tiroksin dan berujung dengan penyakit gondong.
  2. Kekurangan yodium
    Kekurangan yodium menjadi salah satu penyebab umum dari munculnya penyakit gondong. Yodium sendiri berperan besar dalam menjaga kesehatan dan produksi hormon tiroid.
  3. Solitarynodular gondong
    Solitarynodular gondong adalah benjolan tunggal berkembang di bagian kelenjar tiroid dan menyebabkan pertumbuhan abnormal dari kelenjar tiroid.
  4. Penyakit Hashimoto
    Penyakit Hashimoto merupakan kebalikan dari penyakit Graves dimana penyakit auto-imun menyerang kelenjar tiroid dan menurunkan produksi tiroksin. Kemudian hal ini berdampak pada kesehatan kelenjar pituitari dan merangsang tiroid lebih banyak yang menyebabkan kelenjar membesar.
  5. Perubahan hormon
    Produksi HCG (Human Chorionic Gonadotropin) pada masa pubertas, kehamilan atau menopause dapat menyebabkan sedikit pembesaran kelenjar tiroid.
  6. Multinodular gondong
    Multinodular gondong merupakan keadaan dimana banyaknya benjolan padat atau yang berisi cairan di kedua sisi kelenjar tiroid. Hal ini mampu mempengaruhi kelenjar tiroid dan menyebabkannya membengkak.
  7. Solitarynodular gondong
    Solitarynodular gondong adalah benjolan tunggal berkembang di bagian kelenjar tiroid dan menyebabkan pertumbuhan abnormal dari kelenjar tiroid.
Cara Pencegahannya
  1. Hindari makanan yang dapat mengurangi hormon tiroksin, seperti kol, kacang kedelai, kacang tanah, kacang polong, bayam, dan stroberi.
  2. Untuk gondok yang besar dan tidak mau mengecil, sebaiknya lakukan operasi.
  3. Gunakan garam beryodium untuk mencegah gondok yang berslfat endernik.
Cara Pengobatan Secara Alami

  • Resep 1
    30 g benalu teh kering
    30 g daun dewa segara. 

    a. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu saring.
    b. Minum 2 kali sehari.
  • Resep 2
    25 g rumput laut che chai (Porphyra tenera) atau rumput laut hai tai/kun bu (Laminaria japonica)

    a. Cuci bersih bahan, masak menjadi sup.
    b. Makan sampai habis.
  • Resep 3
    30 g temuputih segar
    10 g sambiloto keringa. 

    a.Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 600 cc can hingga tersisa 300 cc, lalu saring.
    b. Minum 2 kali sehari.
Catatan:
Pilih salah satu resep di atas dan lakukan secara teratus supaya mendapat hasil yang maksimal.

0 Response to "Penyebab Penyakit Gondok Dan Cara Pengobatinya Secara Alami"