Komponen Komputer dan Pengertiannya

.? Hehe Pastinya tida mungkin ya, Meskipun anda sudah tau tapi apa salahnya jika saja berbagi sedikit mengenai komputer. 

 * Pengertian Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan dimana komputer itu sendiri merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama membentuk sebuah sistem kerja yang dapat menjalankan pekerjaan secara otomatis berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya sehingga dapat menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada.
Sedangkan komputer itu sendiri terbagi menjadi 3 perangkat yaitu Hardware,Software dan Brainware:

1. Hardware

Hardware adalah merupakan komponen-komponen atau semua bagian-bagian berbentuk fisik yang ada pada komputer. Komponen-komponen perangkat keras tersebut kemudian dibagi menjadi beberapa tipe (module) sesuai dengan sistem pengoperasiannya. Perangkat keras atau hardware tersebut terbagi atas beberapa macam bagian, yaitu:
- Mainboard.
-Prosesor. 
-Video Graphics Array atau VGA.
-Harddisk atau HDD.
-Memory atau Memori RAM.

2. Software

Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  bisa untuk dioperasikan.

Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
Jenis-jenisnya:
-Software berbayar
-Freeware
-Free Software
-Shareware

3. Brianware

Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun software komputer. Tanpa adanya brainware ini mustahil hardware dan software yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan secara maksimal. Berdasarkan tingkat pemanfaatannya, brainware komputer dibagi dalam 4 tingkatan :
-System
-Analyst
-Programmer
-Administrator
-Operator

Nah demikian artikel mengenai Komponen Komputer dan Pengertiannya, senoga bisa bemanfaat dan bisa menambah wawasannya. kritik dan sarannya saya tunggu OKE.

0 Response to "Komponen Komputer dan Pengertiannya"